Sunday, August 11, 2013

Yuk, Searching Makanan Halal di Korea

 Ketika berangan-angan bisa jalan-jalan ke Korea, aku pun tersudut pada sebuah pertanyaan. Gimana cari makanan yang halal ya disana? Secara kan aku seorang muslim sedangkan orang Korea itu tidak bisa lepas dari Babi dan derivatnya plus penduduknya mayoritas beragama nonmuslim, pasti susah sekali mencari makanan halal. Pertanyaan itulah yang menggerakkan jemariku untuk searching di google apa sajakah dan bagaimana cara mendapatkan makanan halal di Korea.
Hmm, seru juga nih pembahasan kita kali ini. Chek it out liputannya ya...
Oke, kita mulai dari makna kehalalan sebuah makanan berdasarkan Al-qur’an dan sunnah.
1.       Didapatkan dengan cara yang halal. Maksudnya makanan itu bukan hasil curian, hasil perjudian, dan cara lain yang diharamkan oleh Allah.
2.       Makanan tersebut bukan yang dilarang oleh Allah sesuai dalam nash Al-qur’an dan hadist seperti babi, darah, bangkai, hewan yang hidup di dua alam, anjing, ular dan lain-lain. Babi, anjing, ular dan bangkai tidak melulu hanya dagingnya saja. Minyak, kulit, apapun itu yang berasal dari
hewan tersebut adalah halal. Bangkai yang dihalalkan adalah semua hewan laut dan belalang. Jadi kalau mau cari aman kita bisa cari makanan seafood atau makanan vegetarian. Tapi kita harus teliti, jangan sampai ada bahan campuran dari babi dll eg: minyaknya dsb.
3.       Makanan tersebut disembelih dengan nama Allah.
Wah, dengan syarat-syarat tersebut cukup susah ya mencari makanan halal di Korea, apalagi dengan syarat nomor 3 secara kaum nonmuslim kan mayoritas disana.
Setelah searching kesana kemari cukup banyak blogger yang menyediakan informasi mengenai makanan halal meskipun kebanyakan isinya sama saja. Yuk kita bahas satu persatu.
Blognya mbak Shinta Rini buahatikusurgaku.blogspot.com
Di blognya mbak Shinta ini pembahasannya cukup lengkap lho. (Yang mau mampir bisa langsung ke TKP ya... ). Disini juga dilengkapi dengan gambar-gambar yang  jelas, produk mana yang halal dan bisa kita beli di pasaran Korea.
Menurut mbak shinta dalam blognya, informasi ini bukanlah panduan mutlak dalam menetapkan makanan halal dan haram karena beberapa produk barang secara berkala dan tanpa pemberitahuan sebelumnya mengganti bahan makanan dalam komposisinya. Karena itu kita harus teliti dan rajin ngecek komposisi suatu produk makanan sebelum membelinya.
Secara umum, hampir di semua blog yang menyediakan informasi makanan halal di korea menyediakan informasi berikut: (Ini adalah komposisi suatu produk makanan yang apabila ada komposisi bahan ini berarti produk itu haram).
Lecithin (레시틴)
Kalau di bungkusannya ada tulisan레시틴aja atau diberi keterangan 동물성유지 (dongmulseong yuji), maka status makanan tersebut adalah haram karena berasal dari hewan. Jika terdapat tulisan레시틴yang diikuti dengan keterangan seperti 레시틴 (대두), 쏘야 레시틴 (ssoya lecithin) ataupun 레시틴 식물성유지 (letichin sikmulseong yuji) maka status makan tersebut adalah halal karena bersumber dari tumbuh-tumbuhan.

Shortening (쇼트닝)
Kalau di bungkusannya ada tulisan 쇼트닝 aja atau diberi keterangan 동물성유지(dongmulseong yuji), maka status makanan tersebut adalah haram karena berasal dari hewan. Jika terdapat tulisan쇼트닝 yang diikuti dengan keterangan seperti 쇼트닝(대두) ataupun쇼트닝 식물성유지 (shortening sikmulseong yuji) maka status makan tersebut adalah halal karena bersumber dari tumbuh-tumbuhan.

Gelatin (젤라틴)
Coklat di Korea umumnya mengandung gelatin. Gelatin di Korea bersumber dari bahan binatang/yang tidak halal. Jadi lebih baik dihindari.

Daging babi (돼지고기)
Mungkin kita nggak pernah berfikir bahwa makanan kecil semacam keripik kentang mengandung daging babi atau disebut 돼지고기 (dwaejigogi). Tetapi pada kenyataannya, di Korea, hampir sebagian besar makanan ringan semacam kerupuk mengandung daging babi (돼지고기) seperti yang tercantum dalam label kemasannya. Jadi, periksalah kandungan makanan tersebut dalam kemasan.

Mie instan
Hampir sebagian besar mi instant yang ada di Korea mengandung daging babi (돼지고기). Jadi, perlu diperhatikan ketika membeli mi instant karena hanya ada beberapa jenis mi instant yang tidak mengandung komponen dari daging babi (돼지고기). 
List dibawah ini HARAM:
베이컨 ,bacon
라드, lard
젤라틴 (동물성), (animal) gelatin*
쇼트닝 (동물성), (animal) shortening*
레시틴, lecithin
레닛, rennet
수지, tallow
돼지고기, pork
, ham
마시멜로, marshmallow
레닌, rennin
글리세리드,glyceride
글리세롤, glycerol
소시지, 순대, sausage
돈피, hogleather, pig skin
주정, alcohol, ethanol
스프(라면), korean noodles (soup)
Mbak shinta juga memberi sebuah pedoman dari website amirkorea.org panduan halal dan haramnya sebuah makanan dilihat dari komposisinya. Berikut adalah rangkumannya:
Nah, sebenarnya masih banyak lagi produk-produk makanan yang halal untuk dikonsumsi. Karena cukup banyak itulah saya merangkum gambar-gambar/ screenshoot produk halal maupun haram dan saya satukan menjadi satu dan saya rar. Teman-teman bisa download DISINI.

Ebook Soul of Seoul Food
Ebook ini menjelaskan tentang makanan korea dan bagaimana cara mendapatkannya. Tidak ketinggalan makanan halal yang ada di korea. Sayangnya, ebook ini tidak menjelaskan tentang kehalalan suatu produk makanan, ebook ini hanya menjelaskan tentang restaurant halal. Kebaanyakan restaurant ini adalah milik orang muslim imigran dari India, Turki, Pakistan, Dubai dan negara mayoritas islam lainnya. Kebanyakan restaurant ini berlokasi di daerah itaewon. Yuk, kita lhat informasinya.



Ebook Restaurant Guide for muslim visitors to Korea.
Ini adalah ebook online yang disediakan oleh KTO atau Korea Tour Organisation di websitenya. Ebook ini menginformasikan restoran-restoran halal yang ada di penjuru Korea, bukan hanya di Seoul tapi juga di provinsi lain seperti Incheon, Busan, Jeju, dan lain-lain. Teman-teman yang membutuhkannya bisa download DISINI. Saya minta maaf kalau gambarnya kurang jelas karena ebook online ini tidak bisa didownload jadinya screenshotnya saya simpan menjadi gambar kemudian saya satukan. So harap maklum kalau resolusi gambarnya tidak terlalu bagus.

Itaewon,
Itaewon, Seoul adalah tempat sebagian besar imigran tinggal. Tidak ketinggalan imigran dari negara mayoritas muslim. Sebab itulah disini dibangun sebuah masjid terbesar di Korea yaitu masjid Seoul. Nah di sekitar masjid ini kita bisa mendapatkan semua hal yang berbau Islami, ada restaurant halal, toko yang menyediakan produk-produk halal, toko buku muslim, bahkan disamping masjid ini ada toko daging Halal yang dagingnya disembelih langsung oleh penjualnya yang seorang muslim.
Semoga dengan informasi yang saya himpun dari berbagai sumber ini bermanfaat bagi teman-teman semuanya. Sedikit tips, alangkah baiknya ketika kita berkunjung ke Korea kita membawa bahan makanan dari indonesia seperti dendeng, ikan kering, abon, bumbu-bumbu instan, bumbu pecel dan sebagainya. Hehehe...hmm nikmatnya makan makanan halal... :D



No comments:

Post a Comment